Home  |  Resume  | 

Dukung Indonesia Sejahtera Melalui Training GRATIS Salesmanship dengan Donasi Anda...

Kamis, Februari 28, 2008

JANGAN MEMILIH SALES SEBAGAI KARIR

Dulu ketika kita sudah selesai kuliah, pertanyaan pertama yang akan ditanyakan adalah, " Mau kemana setelah ini ?" Kalau saya, karena background saya sebagai seorang programmer komputer, tentu saja jawaban saya adalah menjadi seorang PROGRAMMER. Relatif akan bergantung pada jurusan apa yang kita ambil pada saat kuliah, entah itu Akuntan, Pengacara, Dokter, Insinyur dan sebagainya. Sepertinya saya belum pernah ketemu dengan teman yang mau jadi SALES. Apa sih kerjaannya SALES itu ? Paradigma yang ada adalah jualan door to door, diusir, panas - panasan, harus pintar bicara dan lain - lainnya.

Ketika sudah mulai menjalani karir saya, perlahan tapi pasti saya temukan kejanggalan. Beberapa orang di kantor saya yang berprofesi sebagai SALES hidupnya penuh dinamika. Dan yang pasti, uang yang mereka dapatkan relatif selalu lebih banyak dari saya. Saya mulai penasaran, lalu mencoba untuk menyelidiki apa sih yang bisa menjadi perbedaannya. Saya coba ngobrol dengan teman - teman SALES, membaca buku tentang SALES. Ternyata saya menemukan bahwa orang - orang sukses kebanyakan memulai kesuksesan mereka sebagai seorang SALES. Ketika mereka sudah mulai ahli dibidang tersebut, mereka mulai terjun sebagai wiraswasta kecil ( Self Employee ). Karena mereka telah terbiasa dengan penolakan - penolakan, proses wiraswasta yang awalnya cukup berat dapat mereka lewati dengan baik sampai akhirnya mereka mencapai apa yang menjadi impian mereka.

Ketika mendapatkan pencerahan seperti itu, saya mulai berpikir," Saya tidak mau seumur hidup menjadi pegawai, saya mau jadi pengusaha. Jadi saya harus belajar pertama untuk bisa berjualan.Saya harus switching jadi SALES." Ternyata tak semudah kelihatannya. Mengubah paradigma itu butuh effort, karena adanya tertanam di bawah sadar bahwa harus melakukan pekerjaan-pekerjaan 'kotor'. Setelah paradigma berhasil diubahkan, saya mulai berani mengambil keputusan untuk menjadi seorang SALES PERSON.

Itu adalah 6 tahun yang lalu, saat ini saya mengambil langkah berikutnya untuk mengejar impian saya, menjadi Self Employee. Tapi saya tahu, saya akan belajar lebih banyak kalau saya melakukan proses BELAJAR - LAKUKAN - AJARKAN. Jadi tugas tambahan saya sekarang adalah untuk juga membantu mereka yang bermimpi menjadi pengusaha atau Business Owner. Sesuai dengan judul, jangan memilih sales jadi karir anda kalau memang anda nyaman dengan kondisi atau pekerjaan sekarang.

Jadi, jangan jadi sales kalau anda merasa ini sudah cukup untuk anda. Jangan jadi sales kalau anda tidak merasa terjebak dengan jebakan menukar waktu dengan uang. Jangan jadi sales kalau anda takut untuk punya teman yang banyak. Jangan jadi sales kalau anda lebih suka di belakang meja. Intinya, JANGAN JADI SALES KALAU ANDA TAKUT SUKSES !!!

Salam Warrior,

Anton Karya
SalesForce Motivator
http://antonkarya.blogspot.com

n.b : Anda tidak harus jadi SALES PERSON untuk bisa ahli menjual…

Sent from my BlackBerry® wireless device from XL GPRS network

Tidak ada komentar:

Halo Anton...

*Nama:
*E-mail:
* wajib diisi
Pesan